Additional Pages
Custom Links
Connect With Us

Tips & Trik Menjadi desainer grafis 3 – Manusia sebagai Komonikator Grafis

26 Aug Tips & Trik Menjadi desainer grafis 3 – Manusia sebagai Komonikator Grafis

al-maliku

Hari ini sesungguhnya manusia dilahirkan sebagai “komonikator grafis”. Komonikasi grafis merupakan salah satu bagian yang paling natural dalam informasi komunikasi. Sebagai contoh, seorang anak balita sedang menggoreskan pensil atau pewarna di atas kertas, dari sekedar coretan tak berbentuk, lama kelamaan menjadi mirip sesuatu, entah berupa gambar binatang, bunga atau yang lain. Kemudian, seiring bertambahnya usia, manusia makin mampu mengorganisir dan kemudian membentuk sesuatu hal yang lebih dapat dimengerti orang lain. Dari sinilah, diketahui bahwa manusia sebagai “komonikator grafis” yang apabila dikembangkan akan menjadi suatu bentuk komunikasi yang lebih komplek yang biasa disebut “Desain Grafis”.

Dalam desain grafis terdapat dua hal yang penting, yaitu proses dan konsep – sudah dijelaskan sebelumnya –. Proses merupakan cara berfikir untuk membentuk sesuatu dengan menggabungkan fakta, konstruksi, fungsi, dan estetika. Sedangkan konsep adalah memecahkan bentuk, bahan, teknik, rupa, dan fungsi untuk dinyatakan dalam bentuk gambar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa desain merupakan proses yang dimulai dari penggalian ide, memilih dan menyusun elemen desain, bentuk, bahan, sampai tahap pemecahan masalah yang dicipta menjadi suatu tatanan bentuk yang harmonis, estestis, dan komunikatif.

Jadi bagaimana sudah mengerti pengertian dan arti dari desain grafis itu? Ternyata tidak semudah yang kita tahu ya. Desain grafis penuh kompleks yang terkadang tidak dimengerti orang awam, jadi buat kamu yang tertarik di dunia ini sebaiknya kamu terus belajar untuk menjadi individu yang lebih kreatif.

Tim Design Mind 8 Publishing House

No Comments

Post A Comment