Additional Pages
Custom Links
Connect With Us

PERALATAN BROADCAST TV – JENIS CONSUMER EQUIPMENT

Sony Handycam HDR-CX520VE-505VE

25 Feb PERALATAN BROADCAST TV – JENIS CONSUMER EQUIPMENT

Jenis peralatan ini sebenarnya mudah ditemui dan banyak jenisnya, sebagian malah memanjakan penggunanya karena fitur yang diberikan serba otomatis. Equipment broadcast tv jenis ini pula bukan didesain untuk keperluan sehari-hari dengan kecenderungan pengguna kalangan pe-hobby, Mempunyai ciri-ciri:
1. Kebanyakan penggunanya adalah kalangan pe-hobby dan keluarga
2. Fitur yang disediakan dari equipment ini adalah serba automatis (full automatic)
3. Harga relatif lebih murah
4. Tidak tahan banting dan cenderung lebih ringkih (cepat rusak)
5. Mempunyai resolusi gambar yang rendah masih SD-SDTV (Standard – Definition Television), walaupun sekarang sudah banyak yang sudah HD-Full HD.

Seiring waktu berkembangnya teknologi hari ini, kecenderungan resolusi gambar yang dihasilkan juga lebih baik. Bahkan beberapa peralatan broadcast kelas consumer sudah mempunyai resolusi HD, yang membedakan siginifikan adalah sistem operasi yang ditanamkan pada alat tersebut. Karena hampir semua peralatan broadcast tv standar consumer pasti cenderung serba otomatis.

Contoh peralatan kelas Consumer apa saja ya?
Sulit saya menjawab pertanyaan ini, karena misal saya contohkan Handycam. Keluaran Handycam jenis baru hari ini bahkan ada yang sudah manual sistem fitur yang ditanamkan, dengan harga lebih mahal tentunya. Yang membedakan peralatan broadcast jenis consumer, prosumer, dan professional hanyalah standar harga yang ditawarkan dari yang paling murah, sedang hingga yang paling mahal. Jika kamu ingin mendapatkan peralatan broadcast kelas consumer cirinya pasti harga relatif lebih murah seperti yang sudah saya sebutkan di antara ciri-ciri tersebut di atas.

Apakah smartphone termasuk peralatan broadcast tv?
Saya jawab “iya”, hampir semua smartphone hari ini telah mempunyai resolusi gambar yang cukup baik. Beberapa konten siaran televisi sudah berani menggunakan smartphone, jadi jangan kaget bila hari ini banyak penggarap produksi konten hanya menggunakan kamera kecil seperti smartphone. Meskipun demikian ini bukan menjadi standar profesional dalam dunia broadcast tv. Nah makanya smartphone bisa dikategorikan menjadi jenis peralatan broadcast tv jenis consumer karena semua fiturnya yang serba otomatis.

Oleh : Anton Mabruri – Praktisi Broadcast, Filmmaker, dan Penulis
Like Me Anton Mabruri KN
Follow Me Anton Mabruri KN

No Comments

Post A Comment